kondisi peternakan di kecamatan linggo sari beganti, muaro gadang barat




sapi. merupakan ternak yang kaya, berharga, slalu disayang dan dimanja. sapiku, sayangku, cintaku,kasihku,pujaan hatiku. bagaimana tidak, karna sapi bisa memberikan kita apa yang kita mau, asalkan kita juga memberikan apa yang sapi mau. kuberi, kuterima. ada aksi, ada reaksi. ya, istilah inilah yang cocok untuk sapi. bagaimana mungkin sapi akan memberikan yang terbaik dari dirinya, yaitu daging yang banyak, sementara pemiliknya tidak pernah memperhatikannya, menyayanginya, merawatnya. hanya dibiarkan begitu saja, terlunta2 hingga malam hari. kalau hujan kehujanan, panas kepanasan. sapi juga makhluk tuhan, yang tidak boleh diperlakukan semena2. inilah yang terjadi di muaro gadang barat. sapi2 tak terawat, lepas begitu saja. banyak kerugian yang ditimbulkan yaitu :
1. kotoran bertebaran dimana2, ini bisa menyebabkan kecelakaan pada pengendara motor, terutama dimalam hari. selain itu juga dapat menjadi sumber penyakit, karna lalat yang hinggap di kotoran sapi bisa saja hinggap dimakanan.
2. sapi yang bertebaran dijalanan bisa mengakibatkan kecelakaan juga karna jalan dipenuhi sapi. sehingga sulit bagi pengedara motor untuk lewat.
3. sapi jadi mudah terserang penyakit, seperti kutu dan penyakit2 aneh lainnya.
4. pertambahan bobot badan sapi jadi lambat, sehingga secara ekonomi jelas merugikan dan tidak efisien
5. apabila ada sapi yang melahirkan tidak diketahui oleh pemiliknya dan sapi tidak mendapat perawatan yang intensif ketika melahirkan, begitu juga dengan bayinya. ini menyebabkan tingkat kematian yang tinggi.
oleh karna itulah, sapi2 perlu dikandangkan dan dirawat secara intensif agar kita mendapatkan apa yang kita inginkan. tuhan tidak akan memberi tanpa sebuah usaha. mari kita jadikan ini pelajaran bagi kita semua, kita jaga kampung halaman tercinta kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

keren juga tuh ma jengkkkkk

zAmdan ettoh Hisam mengatakan...

Bagus..I like .......

Posting Komentar