mekanika dalam fisika dasar


Pengertian :
Mekanika sebagai salah satu cabang Fisika adalah merupakan alat ampuh sekali membahas penomena alam yang berhubung dengan pergerakan benda-benda/sistem di alam semesta ini baik secara abiotis maupun biotis ataupun interaksinya. Setelah masalah fisis suatu peristiwa alam telah diketahui dengan seksama , maka untuk mengetahui masalah tersebut lebih sempurna (tepat/eksak) perlu dipergunakan matematika.
Metoda Mekanika :
1. Kinematika : Yaitu mempelajari gerakan titik materi secara Ilmu Ukur tanpa menghiraukan gaya.
2. Dinamika : yaitu mempelajari aksi gaya atas gaya , terbagi atas :
2.1. Kinetika, ialah cabang dinamika yang mempelajari gerak titik materi oleh gaya yang bekerja padanya.
2.2. Statika, ialah cabang dinamika yang mempelajari kesetimbangan benda (titik materi) yang bekerja atasnya.
Besaran Mekanika dan Satuannya dalam S.I.\
Di dalam Mekanika hanya memakai 3 besaran dasar yaitu panjang, massa dan waktu dan 2 besaran tambahan yaitu : sudut datar dan sudut ruang , sedangkan besaran lainnya dapat diturunkan dari padanya. Tiap-tiap besaran mempunyai lambang sendiri-sendiri dan juga mempunyai satuannya sendiri-sendiri di dalam S.I. seperti tabel 3 dibawah ini .
Pengertian Vektor dan Skalar :
Adalah suatu ukuran / satuan besaran dari posisi partikel.
VEKTOR : Berasal dari bahasa Latin yang berarti pembawa (carrier), yang berhungan dengan perubahan posisi partikel disebut pergeseran (displacement) . Atau dengan kata lain ialah suatu besaran yang mempunyai besar (magnitude) dan arah.
Contoh vektor : gaya , berat, kecepatan, percepatan, tekanan, tegangan, momen gaya, momentum, kuat medan (magnet/listrik), perpindahan (displacement) dan lain-lain.
Terhadap vektor ini terdapat operasi-operasi matematis seperti penjumlahan dan pengurangan, perkalian titik, perkalian silang, differensial dan integral yang mempunyai rumusan-rumusan tersendiri.
SKALAR : Adalah suatu besaran yang hanya mempunyai besar (magnitude) saja tanpa arah. Contohnya : massa, panjang, waktu, temperatur, momen inersia, volume (isi), modulus kelentingan, resistansi, konduktansi, kapasitansi, impedansi, kerja, daya, density dan lain-lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih infonya, artikel menarik lainnya silahkan klik di http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-fisika.htm

Posting Komentar